Main Article Content

Abstract

The purpose is to uncover the potential for income tax fraud carried out by local Youtuber with pneumology as the research method. Data was obtained by conducting interviews with Youtuber as research informants. Theoretically, this research produces the concept of the dimensions of tax fraud that will contribute to the development of the science of forensic accounting to understand the behavior of fraudsters towards tax avoidance by the Youtubers.


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potensi penipuan pajak penghasilan yang dilakukan oleh Youtuber lokal. Studi ini menggunakan metode fenomologi. Data diperoleh dengan melakukan wawancara dengan Youtuber sebagai informan penelitian. Hasil penelian menjelaskan konsep dimensi tax fraud yang akan berkontribusi pada pengembangan ilmu di bidang akuntansi forensik untuk memahami perilaku pelaku fraud terhadap penghindaran pajak oleh Youtuber.

Keywords

Tax Evasion Tax Fraud Youtuber

Article Details

References

  1. Acfe. International Fraud Examiners Manual. 2017.
  2. Mangoting Y. Tax Planning : Sebuah Pengantar Sebagai Alternatif Meminimalkan Pajak. 1999;1(1):11.
  3. Yang J, Metallo V. The Emerging International Taxation Problems. Ijfs [Internet]. 2018 Jan 2 [Cited 2020 Feb 21];6(1):6. https://doi.org/10.3390/ijfs6010006
  4. Campbell K, Helleloid D. Starbucks: Social Responsibility And Tax Avoidance. Journal Of Accounting Education [Internet]. 2016 Dec [Cited 2020 Feb 21];37:38–60. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2016.09.001
  5. Rosalinawati E, Syaiful S. Analisis Pajak Penghasilan Atas Transaksi ECommerce Di Kabupaten Gresik. Jiatax [Internet]. 2018 Apr 2 [Cited 2020 Jan 14];1(1):1. http://dx.doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.443
  6. Pangesti Mulyono Rd. Menguak Permasalahan Perpajakan Ecommerce Di Indonesia Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga [Internet]. 2017 May 31 [Cited 2020 Jan 14];2(1). Available From:Http://Jraba.Org/Journal/Index.Php/Jraba/Article/View/26
  7. Yapar Bk, Bayrakdar S, Yapar M. The Role Of Taxation Problems On The Development Of E-Commerce. Procedia - Social And Behavioral Sciences [Internet]. 2015 Jul [Cited 2020 Jan 14];195:642–8. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.145
  8. Peraturan Menteri Keuangan (Pmk) Nomor 210/Pmk.010/2018. Peraturan Menteri Keuangan (Pmk) Nomor 210/Pmk.010/2018. 2018.
  9. Peraturan Direktorat Jendral Pajak Nomor Per-17/Pj/2015. Peraturan Direktorat Jendral Pajak Nomor Per-17/Pj/2015.
  10. Vikansari Nps, Parsa Iw. Pengawasan Pengenaan Pajak Penghasilan Terhadap Youtubers Sebagai Pelaku Influencer Di Platform Media Sosial Youtube. 2017;
  11. Damopolii In. Pajak Penghasilan Pada Kegiatan Youtuber Dan Selebgram Dalam Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Undang Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan. 2017;(3):6.
  12. Lestari Ad, Nurmantu S, Vikaliana R. Analisis Pelaksanaan Pengawasan Pengenaan Pajak Penghasilan Atas Penghasilan Youtubers Pada Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2018. 2019;6(2):19.
  13. Creswell Jw, Maxwell Ja. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among The Five Approaches. Thousand Oaks, Ca: Sage Publications, Inc.; 2013.
  14. Clark M. Phenomenological Research Method. California: Sage; 1994.