Main Article Content
Abstract
This study aims to develop an instrument to measure the influence of leadership, motivation, and work culture of principals on teacher performance. The research method used is quantitative by using statistical analysis, while data collection for the preparation of instruments using questionnaires compiled based on literature reviews combined with the results of FGD with experts. The results showed that the research instrument was valid and reliable with an average validity value of 0.51 and the reliability value was 0.86, therefore it can be concluded that the instruments developed for leadership, motivation, work culture and teacher performance variables can be used for further studies.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen untuk mengukur pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan budaya kerja Kepala Sekolah terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik, sedangkan pengumpulan data untuk penyusunan instrumen menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan tinjauan literatur yang dikombinasikan dengan hasil FGD dengan ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian adalah valid dan reliabel dengan nilai rata-rata kevalidan adalah 0,51 dan nilai reliabilitas adalah 0,86, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa instrumen-instrumen yang dikembangkan untuk variabel kepemimpinan, motivasi, budaya kerja serta kinerja guru dapat digunakan untuk penelitian-penelitian selanjutnya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Hendriady de Keizer, Dematria Pringgabayu,, Kunto Ajibroto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Wardani K. Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. InProceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI 2010 Nov (pp. 8-10).
- Hamdu G, Agustina L. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan. 2011 Apr 1;12(1):90-6.
- Yogaswara A, Fattah N, Sa’ud US. Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2010 Oct;11(2):60-72.
- Karweti E. Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2010 Oct;11(2):77-89.
- Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. 2012.
- Triyanto E, Anitah S, Suryani N. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Teknologi Pendidikan. 2013;1(2):226-38.
- Juliansyah Noor SE. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Prenada Media; 2016.
References
Wardani K. Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. InProceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI 2010 Nov (pp. 8-10).
Hamdu G, Agustina L. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan. 2011 Apr 1;12(1):90-6.
Yogaswara A, Fattah N, Sa’ud US. Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2010 Oct;11(2):60-72.
Karweti E. Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2010 Oct;11(2):77-89.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. 2012.
Triyanto E, Anitah S, Suryani N. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran. Teknologi Pendidikan. 2013;1(2):226-38.
Juliansyah Noor SE. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Prenada Media; 2016.