Main Article Content

Abstract

Abstract
The purpose of this research are to analyze accounting practices in small business such as small restaurant; "Warung Makan GK". In order to achieve this purpose, the data were collected through observation and interview with the owner of the restaurant. This qualitative research analyzes the data in detail and draws a conclusion about the phenomenon. It shows that there is ethic creative accounting practice without bookkeeping system, called feeling accounting. The creative point in this case are shown by using feeling, social and religion value. By practicing this accounting, the small restaurant have been operating for almost 11 years.


 


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis praktik akuntansi pada usaha kecil seperti warung makan GK. Dalam rangka mencapai tujuan penelitian ini, peneliti telag mengumpulkan data melalui metode observasi dan wawancara dengan pemilik dari Warung Makan GK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis data kualitatif secara mendetail kemudian menarik kesimpulan atas fenomena yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat praktik akuntansi kreatif beretika melalui praktik akuntansi tanpa pencatatan yang disebut feeling accounting. Nilai kreatifitas ditunjukkan mealui penggunaan perasaan dan nilai sosial dan agama. Penerapan praktik tersebut membawa Warung Makan GK bertahan hampir 11 tahun.

Keywords

Accounting Practices Small Business Qualitative Research Ethics

Article Details

References

Read More