Main Article Content

Abstract

Abstract
The purpose of this research are to analyze accounting practices in small business such as small restaurant; "Warung Makan GK". In order to achieve this purpose, the data were collected through observation and interview with the owner of the restaurant. This qualitative research analyzes the data in detail and draws a conclusion about the phenomenon. It shows that there is ethic creative accounting practice without bookkeeping system, called feeling accounting. The creative point in this case are shown by using feeling, social and religion value. By practicing this accounting, the small restaurant have been operating for almost 11 years.


 


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis praktik akuntansi pada usaha kecil seperti warung makan GK. Dalam rangka mencapai tujuan penelitian ini, peneliti telag mengumpulkan data melalui metode observasi dan wawancara dengan pemilik dari Warung Makan GK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis data kualitatif secara mendetail kemudian menarik kesimpulan atas fenomena yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat praktik akuntansi kreatif beretika melalui praktik akuntansi tanpa pencatatan yang disebut feeling accounting. Nilai kreatifitas ditunjukkan mealui penggunaan perasaan dan nilai sosial dan agama. Penerapan praktik tersebut membawa Warung Makan GK bertahan hampir 11 tahun.

Keywords

Accounting Practices Small Business Qualitative Research Ethics

Article Details

References

  1. Akpanuko, Essien E. and Umoren, Ntiedo J. (2018) "The influence of creative accounting on the credibility of accounting reports", Journal of Financial Reporting and Accounting, Vol. 16 Issue: 2, pp.292-310, doi.org/10.1108/JFRA-08-2016-0064
  2. Arif, Moh Lutfi S., Aulia, Robiatul & Herawati, Nurul. (2014) "Persepsi Mahasiswa Akuntansi Tentang Praktik Creative Accounting" horul Akartansi Millipurdignu Vol. 5 No. 1, hlm 96-112.doi.org/10.18202/jamal.2014.04.5009
  3. Aviyanti, Ilya. (2006) "Mengungkap Praktik Earnings Management di Perusahaan." horl Bisnis Marujemen dan Ekonomi Vol. 7 No. 3, hlm 828-841.
  4. Ball, R., Brown, P. (1968) "An Empirical Evaluation of Accounting Income Numbers." Journal of Accounting Research, page 159-178.
  5. Belkaouui, Ahmed Riahi. (2011). Teori Akuntansi Jakarta: Salemba Empat
  6. Hofstede, Geerts. (1994) Cultures and Organ izations So fuare of The Mind. London: Harper Collins Publishers
  7. Hutami, Recyana Putri. (2012) "Pengaruh Dividend per Share, Return on Equity dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaaan Industri Manufaktur Yang Tercatat Di BEI Periode 2006-2010." harul Barometer Riset Akuntansi dan Marujmen Indonesia Vol 1, No. 2 hlm 104 - 123.
  8. Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan Edisi 1. Cetakan Ke-6. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Moleong, Lexy J. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya.
  10. Mulyadi, Muhammad. (2011) "Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya" horal Studi Komunikasi dan Media Vol 15. No. 1, hlm 127 - 138
  11. Mulyadi (2001) Akurtasi Marujenen Konsep Manfaat dan Rekayasa Edisi 3 Jakarta: Salemba Empat.
  12. Novianti, Leny. (2012). "Kajian Filosofis Akuntansi: Seni, Ilmu atau Teknologi." horal Periclikum Ekonomi & Bisnis Vol 4, No 3 hlm 203 - 2011.
  13. Purbaningtyas, Galuh. (2014) Interaksi Aspek Budaya Dalam Akuntansi Pada Industri Kripik Tempe Di Kota Malang. (Online) http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/ article/view/1441 (diakses pada Juni 2018.)
  14. Septiarini, Dina F. (2013) "Akuntansi Keperilakuan, Landasan Akuntansi Keperilakuan Dalam Perspektif Islam." AKHUAL hor Akuntansim Vol 5, No. 1, hlm 45-58.
  15. Setiadi, Pradana., Saerang, David P. E., dan Runtu, Treesje. (2014) "Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Pada CV. Minahasa Mantap Perkasa. hord Berkala Efisiensi Vol 14, No. 2 hlm 70 - 81
  16. Škoda, Miroslav., Lengyelfalusy, Tomáš., and Gabrhelová, Gabriela. (2017). "Creative Accounting Practices in Slovakia After Passing Financial Crisis." Copernican Journal of Finance & Accounting Vol 6, Issue 2. Pp 71- 86.doi.org/10.12775/CJFA.2017.012