Main Article Content

Abstract

Abstract: The Meaning Money and Investment Options Based on the Mental Accounting on Gen Z


Purpose: The article seeks the meaning of money and investment choices, based on mental accounting  of Gen Z


Method: This article employed phenomenology as a method.


Results:  For Gen Z, the meaning of money is as a medium of exchange with investment choices based on risk preferences, with mental accounting depending on the source of the money earned.


Novelty: The article classify types of investors on Gen Z


Contribution:  The paper helps to give insight as to how to make Gen Z financially intelligent and avoid illegal investments


Abstrak: Makna Uang dan Pilihan Investasi Berdasarkan Mental Accounting pada Gen Z


Tujuan: Artikel ini mencari makna uang dan pilihan investasi, berdasarkan mental accounting Gen Z


Metode: Penelitian ini menggunakan fenomologi sebagai metode.


Hasil: Bagi Gen Z makna uang adalah sebagai alat tukar dengan pilihan investasi berdasarkan preferensi resiko dengan mental accounting bergantung pada sumber uang yang diperoleh.


Kebaruan: Artikel ini menggolongan tipe investor pada Gen Z


Kontribusi: Artikel ini membantu memberikan pemahaman agar Gen Z cerdas secara keuangan dan terhindar dari investasi ilegal.


 

Keywords

Makna Uang Investasi Mental accounting Gen Z

Article Details

References

  1. Otoritas Jasa keuangan. Mengapa Gen Z dan Generasi Milenial Cenderung Lebih Suka Berutang? Https://SikapiuangmuOjkGoId/FrontEnd/CMS/Article/40800 2023.
  2. Halpiah H, Putra HA, Ulfah BRM, Rosita R, Andiana BDL. Mengatur keuangan di bulan Ramadhan dengan pendekatan metode akuntansi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2022;3:620–7. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1935.
  3. Dewi LGK, Herawati NT, Adiputra IMP. Penggunaan e-money terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang dimediasi kontrol diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan) 2021;5:1–19. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669.
  4. Halpiah H, Putra HA. Keberadaan galeri investasi dalam meningkatkan animo masyarakat muslim untuk berinvestasi pada Pasar Modal Syariah di Kota Mataram. Media Bina Ilmiah 2019;14:2131. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.314.
  5. Chairunnisa A, Dalimunthe Z. Indonesian stock’s influencer phenomenon: did financial literacy on millennial age reduce herding behavior? Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 2021;23:62–8. https://doi.org/10.9744/jak.23.2.62-68.
  6. Ozkan A, Ozdevecioglu M, Kaya Y, Koç FÖ. Effects of mental workloads on depression–anger symptoms and interpersonal sensitivities of accounting professionals. Revista de Contabilidad 2015;18:194–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.rcsar.2014.06.005.
  7. Fletcher NJ, Ridley-Duff RJ. Management accounting information and the board meeting of an English further education college. Qualitative Research in Accounting & Management 2018;15:313–40. https://doi.org/10.1108/QRAM-11-2016-0079.
  8. Ramadani L. Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan 2016;8:1–8. https://doi.org/10.17977/um002v8i12016p001.
  9. Nurul M, Hamidah H. Makna investasi berdasarkan mental accounting dan gender. Jurnal Akuntansi Multiparadigma 2021;12:285–311. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.2.17.
  10. Creswell JW. Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2017:5.
  11. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-25 Bandung: CV Alfabeta 2019.
  12. Asra A. Dampak perubahan jenis dan fungsi uang bagi perekonomian menurut perspektif ekonomi Islam. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 2020:25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/j-ebis.v5i1.1454.
  13. Halpiah H. Galeri investasi dan minat mahasiswa berinvestasi pada pasar modal. MEDIA BINA ILMIAH 2020;15:4579–84. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v15i6.897.
  14. Fitri Arianti B. Pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan dan pendapatan terhadap keputusan berinvestasi, Proseding Seminar Nasional Akuntansi; 2018.
  15. Novita N, Christin L. Kualitas layanan pada galeri investasi Universitas Bunda Mulia dengan menggunakan metode servqual. Business Management Journal 2017;12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v12i1.602.
  16. Halpiah H, Putra HA. Keberadaan galeri investasi dalam meningkatkan animo masyarakat muslim untuk berinvestasi pada Pasar Modal Syariah di Kota Mataram. Media Bina Ilmiah 2019;14:2131–8.
  17. Bursa Efek Indonesia. Modul Sekolah Pasar Modal. Jakarta: Bursa Efek Indonesia; 2018.
  18. Malik AD. Analisa Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2017;3:61–84. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693.
  19. Laksamana C, Fahira DN, Putri WW. Analisis perilaku biaya terhadap mahasiswa. Research in Accounting Journal (RAJ) 2021;1:254–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/raj.v1i2.238.
  20. Otoritas Jasa Keuangan. Perencanaan keuangan. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan; 2016.
  21. Indriani E. Rasionalitas keputusan keuangan investor: perspektif Otoritas Pasar Modal di Nusa Tenggara Barat. Akurasi: Journal of Accounting and Finance Studies 2022;5:271–84. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/akurasi.v5i2.261.
  22. Sugiarti Y, Mawardi R. Determinan minat investasi saham generasi milenial di masa pandemi. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen 2022;5.