Main Article Content

Abstract

Abstract: Shielding Organizational Sustainability: The Dark Side of Creative Accounting

Purpose: To understand the meaning of student perceptions regarding Creative Accounting practices in student activity units.


Method: Qualitative method with a phenomenological approach.


Results: There are three meanings of student perceptions about Creative Accounting practices. First, students consider the practice of Creative Accounting to be unethical behavior. Second, Creative Accounting functions as a strategy passed down from generation to generation. Third, Creative Accounting practices are interpreted as a shield for organizational sustainability.


Novelty: Conceptualization of three meanings of Creative Accounting practices.


Contribution: Research on Creative Accounting shows that if a mistake is made repeatedly it will become a normal behavior to do.


 


Abstrak: Tameng Keberlangsungan Organisasi: Sisi Gelap Creative Accounting


Tujuan: Untuk memahami makna dari persepsi mahasiswa terkait praktik Creative Accounting pada unit kegiatan mahasiswa.


Metode: Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.


Hasil: Terdapat tiga makna dari persepsi mahasiswa tentang praktik Creative Accounting. Pertama, mahasiswa menganggap praktik Creative Accounting merupakan suatu perilaku yang tidak etis. Kedua, fungsi Creative Accounting sebagai strategi turun temurun. Ketiga, praktik Creative Accounting dimaknai sebagai tameng demi keberlangsungan organisasi.


Kebaruan: Terkonsepnya tiga makna atas praktik Creative Accounting.


Kontribusi: Dari penelitian tentang Creative Accounting memperlihatkan bahwa sebuah kesalahan jika dilakukan berulang-ulang maka akan menjadi sebuah perilaku yang wajar saja untuk dilakukan.

Article Details

References

  1. Daftar Rujukan
  2. W. A. I. Nurita Affan, “Pengaruh pengetahuan etika profesi akuntan dan orientasi etis terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting,” J. Akunt. dan Keuang., vol. 20. no 1 (, 2023.
  3. A. M. Sari, “Pengaruh Etika Auditor, Pengalaman Auditor, dan Gender Terhadap Kemampuan Mendeteksi Praktik Akuntansi Kreatif (Studi pada BPK RI Perwakilan Sumatera Selatan dan KAP di Sumatera Bagian Selatan),” J. Penelit. Dan Pengemb. Akunt., vol. 8, no. 2, pp. 125–144, 2014.
  4. I. Febiyanti and D. Nestri, “Persepsi Civitas Akademik Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Wiraraja Terhadap Praktik Creative Accounting,” J. Univ. Wiraraja Sumenep, 2019, [Online]. Available: http://repository.wiraraja.ac.id/162/%0Ahttp://repository.wiraraja.ac.id/162/1/00. ARTIKEL IKA FIX SIAP CD DRIVE.pdf
  5. B. S. Artina, “Dampak Creative Accounting Terhadap Keandalan Laporan Keuangan Pada PD. BPR BKK Kabupaten Kendal, Prov. Jawa Tengah,” pp. 1–106, 2018.
  6. M. Aldahiyat, A. Dahiyat, A. Sarayreh, S. Al Abed, and I. Tkryty, “Perceptions and Views of Financial managers and Auditors on Creative accounting Practices, Motives, and Impact on Financial Reporting Quality: Evidence from Jordan,” Acad. Strateg. Manag. J., vol. 20, no. 3, pp. 1–15, 2021.
  7. M. L. S. Arif, R. Aulia, and N. Herawati, “Persepsi Mahasiswa Akuntansi tentang Praktik Creative Accounting,” J. Akunt. Multiparadigma, vol. 5, no. 1, 2014, doi: 10.18202/jamal.2014.04.5009.
  8. D. Sulistiawan, Y. Januarsi, and L. Alvia, “Creative Accounting Mengungkap Manajemen Laba dan Skandal Akuntansi,” Salemba Empat, p. 120, 2011.
  9. Feiby Chintya Dewi, “Praktik Creative Accounting pada Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako,” 2019.
  10. D. Anggraini, C. Totanan, Jurana, R. Indriasari, Betty, and F. Zahra, “Studi Literatur : Akuntansi Sumber Daya Manusia,” Tangible J., vol. 7, no. 2, pp. 117–126, 2022.
  11. Tumirin and A. Abdurahim, “Makna Biaya dalam Upacara Rambu Solo,” J. Akunt. Multiparadigma, vol. 6, no. 2, pp. 175–184, 2015, doi: 10.18202/jamal.2015.08.6014.
  12. A. Sudarsyah, “Kerangka Analisis Data Fenomenologi,” J. Penelit. Pendidik. UPI, vol. 13, no. 1, p. 124400, 2013.
  13. A. Sudarsyah, “KERANGKA ANALISIS DATA FENOMENOLOGI (Contoh Analisis Teks Sebuah Catatan Harian),” J. Penelit. Pendidik., vol. 13, no. 1, 2016, doi: 10.17509/jpp.v13i1.3475.
  14. M. Tschannen-Moran and W. K. Hoy, “A Multidisciplinary Analysis of the Nature, Meaning, and Measurement of Trust:,” http://dx.doi.org/10.3102/00346543070004547, vol. 70, no. 4, pp. 547–593, Jul. 2016, doi: 10.3102/00346543070004547.
  15. D. Moran, “What is the phenomenological approach? Revisiting intentional explication,” Phenomenol. Mind, vol. 15, pp. 72–90, 2018, doi: 10.13128/Phe_Mi-24973.
  16. Siti Nur Anisa, Jurana, Muh. Darma Halwi, Abdul Kahar, Muhammad Ilham Pakawaru, and Masruddin, “Persepsi Mahasiswa Akuntansi Non Muslim Terhadap Akuntansi Syariah,” Imanensi J. Ekon. Manajemen, dan Akunt. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 53–63, 2022, doi: 10.34202/imanensi.7.1.2022.53-63.
  17. M. N. Dalinur, “Kegunaan Pendekatan Fenomenologi Dalam Kajian Agama,” Wardah, vol. 31, pp. 125–141, 2015.
  18. Suyanto Suyanto, “Fenomenologi Sebagai Metode dalam Penelitian Pertunjukan Teater Musikal,” 2019.
  19. Suyanto, “Fenomenologi sebagai metode dalam penelitian pertunjukan teater musikal,” Lakon J. Pengkaj. Pencipta. Wayang, vol. XVI, no. 1, pp. 26–32, 2019.
  20. T. C. Destiana and E. Nuraina, “Analisis Perilaku Kecurangan Akuntansi Pada Organisasi Mahasiswa: Perspektif Fraud Pentagon,” Forum Ilm. Pendidik. Akunt. Progr. Stud. Pendidik. Akunt. FKIP Univ. PGRI Madiun, vol. 8, no. November, pp. 1–13, 2020.
  21. D. Usmar, “Tinjauan Teori Akuntansi Positif Terhadap Fenomena Creative Accounting,” JAWARA J. Wawasan dan Ris. Akunt., vol. 1, no. 2, pp. 80–92, 2014.
  22. M. Tonasa, C. Tri, and I. Dewi Susilowati 1, “Pengaruh Religiusitas Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi,” Robust Res. Bus. Econ. Stud., vol. 1, no. 2, p. 1, 2022, doi: 10.31332/robust.v1i2.3607.
  23. A. N. Setiawan, “Pengaruh Return On Asset (ROA), Financing To Deposits Ratio (FDR), Kurs Dan Inflasi Terhadap Non Performing Fianncing (NPF) Pada Bank Syariah Di Indonesia,” Univ. Islam Indones., pp. 122–130, 2019.