PEMODELAN JEMBATAN RANGKA DENGAN KOMBINASI TIPE RANGKA DITINJAU DARI LENDUTAN DAN BERAT JEMBATAN
Keywords:
Pemodelan, jembatan rangka, K-truss, kombinasiAbstract
Struktur jembatan rangka memiliki beberapa tipe rangka yang masing-masing memiliki keunggulan sesuai dengan pengaplikasiannya. Beberapa hasil kajian menunjukkan perbandingan antara tipe rangka satu dengan tipe rangka lainnya memiliki keunggulan dari sisi kekuatan/kekokohan yang berbeda-beda. Pada penelitian ini akan dilakukan suatu analisis dengan pemodelan tipe rangka struktur jembatan yang dimodifikasi dan dikombinasikan dengan tipe lain untuk mendapatkan suatu struktur yang memiliki kekokohan terbaik. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah dengan pemodelan struktur jembatan dengan bantuan software SAP2000 v20. Proses analisis dalam pemodelan ini mengacu pada SNI 1725:2016 tentang pembebanan pada jembatan, BMS (Bridge Management System) tahun 1992, dan beberapa peraturan terkait. Hasil analisis terhadap pemodelan tipe rangka jembatan selanjutnya dibandingkan satu dengan yang lain. Hasil analisis pemodelan menunjukkan bahwa rangka K-truss merupakan rangka terbaik dengan melihat aspek rasio jembatan yakni perbandingan antara lendutan dan berat masing-masing tipe. Kombinasi antara tipe rangka K-truss dengan tipe rangka warren merupakan kombinasi tipe rangka terbaik berdasarkan nilai lendutan dan berat yang terbaik. Nilai lendutan untuk kombinasi tipe rangka ini sebesar -0,416 mm dan nilai rasio 6,017.