IMPLEMENTASI FUZZY AHP DAN TOPSIS PADA PEMILIHAN METODE PEKERJAAN PERKERASAN KAKU
Keywords:
Fuzzy AHP, Rigid Pavement, TOPSISAbstract
Perkerasan kaku merupakan pekerjaan utama dalam pembangunan jalan tol. Pada pelaksanaan perkerasan kaku terdapat beberapa alternatif yaitu secara mekanik dan konvensional, dimana masing masing alternatif memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini digunakan untuk menentukan pemilihan metode pekerjaan yang tepat pada Proyek Jalan Tol Kunciran – Cengkareng. Banyak multi kriteria yang harus dipertimbangkan, pertimbangan pengambilan keputusan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode Technique For Others Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) yang dapat memberi bobot pada kriteria yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kriteria yang paling berpengaruh sebagai dasar pertimbangan pemilihan metode pelaksanaan pekerjaan perkerasan kaku. (2) untuk melakukan penentuan metode pelaksanaan pekerjaan perkerasan kaku yang tepat sesuai dengan kriteria yang ada. Penelitian ini menggunakan survey kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan kriteria kualitas pekerjaan merupakan kriteria paling berpengaruh dengan nilai 0,351 selanjutnya kriteria waktu pelaksanaan (0,201), kriteria biaya pekerjaan (0,150), kriteria keselamatan kerja (0,133), kriteria volume pekerjaan (0,084), kriteria prosses pelaksanaan (0,049), dan yang terakhir adalah kriteria persiapan pelaksanaan (0,032). Untuk alternatif yang tepat digunakan untuk metode perkerasan kaku adalah metode mekanik dengan nilai 0,621, sedangkan metode konvensional hanya mencapai nilai 0,379.