KOORDINASI SINYAL DENGAN PENGATURAN NYALA HIJAU DI SIMPANG BERSINYAL

Authors

  • Supiyono

Keywords:

koordinasi, simpang bersinyal, time offset, bandwidth

Abstract

Jalan Pandji Suroso memiliki tiga simpang yang rapat sehingga mengakibatkan pelayanan menurun. Untuk meningkatkan kinerja setiap simpang dilakukan koordinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang, mengetahui siklus lalu lintas dan kinerjanya. Data diperoleh melalui survei langsung yang meliputi volume kendaraan, waktu sinyal, kecepatan kendaraan, dan geometrik simpang. Kemudian data diolah mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Kondisi eksisting yang paling jenuh akan menjadi acuan perencanaan waktu siklus baru dengan teori koordinasi. Kemudian kinerja terbaik di setiap persimpangan dikoordinasikan. Koordinasi menghasilkan waktu siklus baru 94 detik meningkatkan kinerja simpang dengan derajat kejenuhan dari 0,769 menjadi 0,718; tunda 23,9 detik menjadi 21,861; peningkatan tingkat pelayanan D ke C pada simpang pertama; dari D ke C simpang ketiga selisih waktu 82 detik untuk simpang I sampai simpang II dan 50 detik untuk simpang II sampai simpang III; Bandwidth 23 detik dari utara-selatan dan 51 detik dari selatan-utara.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Supiyono. (2023). KOORDINASI SINYAL DENGAN PENGATURAN NYALA HIJAU DI SIMPANG BERSINYAL. Jurnal Prokons, 17(1), 61–66. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/PROKONS/article/view/5404