SOSIALISASI PEMBUATAN MEREK PRODUK UKM DI KELURAHAN PEDURUNGAN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33795/jabdimas.v8i1.110%20Keywords:
product, brands, SMEs, salesAbstract
The Community Service Program that we will carry out is located at RT 14 RW 09 Pedurungan Tengah Village with the target audience of UKM in the RT! 4 RW 09 area. Pedurungan Tengah Village, Semarang. These SMEs produce food products whose sales are increasing day by day and have a wider range of consumers. Products that have been sold in the market and are well known do not yet have a name or brand, SMEs do not understand the importance of a brand for a product. They only care about the important product sold. In this Community Service activity to introduce more about the importance of a brand for a product, socialization and an explanation of the importance of the name or product brand are given to differentiate it from other similar products.From the results of this dedication, it is hoped that participants will be able to understand the importance of brands for products that have been produced and make them start thinking about or designing names or brands for their products.
References
Adriansyah, A. & Sudiarto, E. 2019. PKM Pe ngusaha Tahu Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulung agung. J-ABDIMAS. 6(2), 95-100
Anonim, 2005. Indonesia, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Buku Panduan : Hak Kekayaan Intelektual.
Juliprijanto, W., Sarfiah, S.N., Priyono, N. 2017. Diskripsi Dan Permasalahan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus UKM di Desa Balesari, Kecamatan Windusari). Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan. 2(2), 77-90
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia
Kusmawati, E. & Samboro, J. 2015. Pengaruh Faktor Psikologis Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware (Studi Pada Warga Desa Tlekung Kota Batu). JAB : Jurnal Aplikasi Bisnis. 1(1), 91-100
Miru, Ahmadi. 2005. Hukum Merek : Cara Mudah Mempelajari Undang-undang Merek, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyadi, Gugun. 2015. Pengaruh Merek Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Ekonologi : Jurnal Ilmu Manajemen. 2(1), 105-109
Ranto, D.W.P. 2014. Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk Dan Citra
Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ukm Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi, 5(2), 206-218
Rulirianto, Febriyanti, A.P, Hidayatinnisa, N., Kusumasasti, I. 2020. Bimbingan Dan Pelatihan Kelompok Aneka Usaha Kemitraan Perorangan Ukm Di Bhaskara Ds. Kalisari Kec.Mulyorejo Surabaya Jawa Timur. J-ABDIMAS. 7(1), 84-91.
Samboro, J., Helmy, A., Zubaidi, Widodo, T.W., Rulirianto. 2019. Bimbingan Dan Pelatihan Tentang Pentingnya Kualitas Pelayanan Dan Toko Online Bagi Pengembangan Usaha Garmen “AMAR” Di Malang. J-ABDIMAS. 6(1), 33-38
Sudarwati, Y., Satya, V.E. 2013. Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Microfinance, Small, and Medium Enterprises Branding Strategy). Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik. 4(1), 89 - 101
Sulastri, Satino, Yuli, Y.W. 2018. Perlindungan Hukum Terhadap Merek (Tinjauan Terhadap Merek Dagang Tupperware Versus Tulipware). Jurnal Yuridis. 5(1), 160-172.
Trisnawati, 2016. Kajian Inovasi Sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan Pendekatan Sistem Dinamis (Studi Kasus pada Industri Makanan di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 4(1), 60-67
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang usaha Milro, Kredit dan Menengah
Wardhani, P.A.K. & Samboro, J. 2016. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2015-2016). JAB :Jurnal Aplikasi Bisnis. 2(1), 45-48
Wijayanti, R.F., Budiarti, L., Andi. E.S., Dwi. J.P, Trivena, S.M. 2020. Bimbingan Dan Pelatihan Desain Label Kemasan Pada Ukm Kerupuk Di Desa Ampeldento Karangploso. J-ABDIMAS. 7(1), 69-76