PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKSI KERAJINAN TANGAN HOME DÉCOR SERTA OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK MELALUI SOSIAL MEDIA DAN MARKET PLACE PADA IBU-IBU PKK KEC. AMPELGADING KAB. MALANG

Authors

  • Widi Dwi Ernawati Politeknik Negeri Malang
  • Fathimatus Zahro Fazda Oktavia Politeknik Negeri Malang
  • Dharmawan Iqbal Akbar Politeknik Negeri Malang
  • Farisa Nur Maula Politeknik Negeri Malang
  • Vuvut Selviana Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jabdimas.v9i2.208

Keywords:

PKK, home décor, media sosial, market place

Abstract

Kaum perempuan dalam masyarakat bisa menjadi satu indikator untuk meningkatkan kesejahteraan dan PKK adalah suatu wadah organisasi perempuan. Ibu-ibu PKK Kecamatan Ampelgading mempunyai latar belakang pendidikan yang sangat bervariasi dengan perekonomian keluarga menengah ke bawah. Dewasa ini, perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi ibu-ibu. Jika ibu-ibu mampu mengoptimalkan perkembangan teknologi yang dimiliki maka bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka. Keterampilan yang dimiliki bisa dikolaborasikan dengan kemandirian mereka untuk dapat mengembangkan berbagai macam peluang usaha. Oleh karena itu, dengan masalah dan potensi yang dimiliki oleh ibu-ibu PKK Ampelgading, pelatihan kewirausahaan produksi kerajinan tangan home décor serta optimalisasi pemasaran produk melalui sosial media dan market place pada ibu-ibu PKK Kecamatan  Ampelgading, Kabupaten Malang diharapkan bisa menjadi solusi sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan ibu-ibu PKK tersebut.    

 

Author Biographies

Widi Dwi Ernawati, Politeknik Negeri Malang

 

 

Fathimatus Zahro Fazda Oktavia, Politeknik Negeri Malang

 

 

Dharmawan Iqbal Akbar, Politeknik Negeri Malang

 

 

Farisa Nur Maula, Politeknik Negeri Malang

 

 

Vuvut Selviana, Politeknik Negeri Malang

 

 

References

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden No. 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

Puspaningrum, A. (2020). Social Media Marketing and Brand Loyalty: The Role of Brand Trust. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 951-958.

Riyanto, A. D. (2022, Februari). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Downloads

Published

2022-12-30