PELATIHAN PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN E-KATALOG PADA UMKM ANGGOTA ASOSIASI RUMAH PENGUSAHA MALANG RAYA (RPMR)
DOI:
https://doi.org/10.33795/abdimas.v10i1.3575Keywords:
e-katalog, UMKM, literasi digitalAbstract
Banyak UMKM yang lemah terhadap literal digital, apalagi saat ini adalah eranya digital, hampir setiap orang membeli atau mencari informasi melalui internet. Saat ini setiap orang selalu memegang handphone, handphone bukan hanya sekedar bisa menjadi alat komunikasi telepon saja, namun juga sebagai alat berbagi informasi melalui chat dan social media. Begitu juga dengan promosi atau menawarkan produk dengan menunjukkan gambar(katalog). Oleh karena itu, katalog dalam bentuk digital/elektronik sangatlah penting untuk menunjukkan barang/produk yang dihasilkan UMKM. Dengan adanya e-katalog maka UMKM bisa lebih mudah membagikan dan menunjukkan katalognya baik itu secara online ataupun offline. Tujuan dari PPM ini adalah memberi wawasan melalui pelatihan dan pembuatan e-katalog pada UMKM anggota asosiasi Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR). Luaran yang diharapkan dengan adanya PPM ini adalah meningkatnya pengetahuan akan literasi digital dan kegunaan e-katalog oleh UMKM sehingga mampu secara mandiri mengelola promosi secara online.
References
Amelia, T., Erwin, T. H., & Widiyanti, R. (2022). Perancangan E-Catalogue Sebagai Media Promosi Produk Paket Wisata PT. Ranata Air Network. Prosiding Industrial Research …. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/4286
Chandra, A. (2022, February 17). Harmony. Https://Harmony.Co.Id.
Indraswari, C., Insan, R. N., Maulida, S. W., Fajriyani, M. R., & Arifah, H. (2021). Psikoedukasi Digital Marketing dan Pembuatan E-Katalog di Wisata Jaka Garong. Psyche 165 Journal, 290–295. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i3.32
Media Indonesia. (2021). UMKM Dongkrak Perekonomian Kota Malang Saat Pandemi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/nusantara/464211/umkm-dongkrak-perekonomian-kota-malang-saat-pandemi
Pelaku Bisnis. (2021, August). Subiakto Priosoedarsono, Bidik Pasar Lokal Dengan Magnet Cinta. Pelaku Bisnis. https://pelakubisnis.com/2021/08/ subiakto-priosoedarsono-bidik-pasar-lokal-dengan-magnet-cinta/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.