OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DENGAN MENGGUNAKAN KONTEN VIDEO MARKETING PADA UMKM ANGGOTA ASOSIASI RUMAH PENGUSAHA MALANG RAYA (RPMR)

Authors

  • Nurul Hidayatinnisa Politeknik Negeri Malang
  • Helmy Adisaksana Politeknik Negeri Malang
  • Abdullah Helmy Politeknik Negeri Malang
  • Asa Wisesa Betari Politeknik Negeri Malang
  • Ahmad Abror Rozaqi Fatoni Politeknik Negeri Malang
  • Ita Rifiani Permatasari Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/abdimas.v10i1.3663

Keywords:

Digital Marketing, Konten Video Marketing , UMKM, Media Promosi

Abstract

UMKM merupakan lini bisnis yang paling banyak menyumbang kemandirian ekonomi nasional. Oleh sebab itu ketahanan bisnis UMKM harus diperhatikandengan cara melakukan adaptasi pada setiap kondisi yang ada Memasuki revolusi industry 4.0 yang serba digital semua sektor bisnis mulai melakukan perubahan bisnis yang dulunya dilakukan secara konvensional menjadi digital. Sektor UMKM juga dituntut melakukan transformasi bisnis menjadi go digital salah satunya dengan memanfaatkan media sosialsebagai sarana promosi, dalam sebuah survey yang dilakukan pada UMKM menyatakanbahwa UMKM yang akan bertahan dalam waktu yang lama adalah UMKM yang mampuberadaptasi dengan teknologi digital. Sosial media saat ini merupakan platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosial, baik itu berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto dan video kepada jutaan orang. Media sosial merupakan media yang potensial untuk melakukan branding dan promosi produk. Oleh sebab itu perlu literasi digital bagi UMKM mengenai seberapa penting digital marketinguntuk meningkatkan branding dari suatu produk. PKM ini fokus terhadap pembuatan konten video marketing karena konten video marketing merupakan konten yang paling banyak menarik engagement dari costumer. PKM ini dilakukan di UMKM yang tergabung pada Rumah Pengusaha Malang Raya atau disingkat dengan RPMR. RPMR merupakan paguyuban pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terbesar se-Kota Malang raya dimana tingkat pengetahuan literasi digital UMKM masih sangat rendah. Oleh sebab itu diperlukan literasi terkait digital marketing dan perlu dibuatakan video marketing untuk meningkatkan skala bisnis dari UMKM.

Author Biographies

Nurul Hidayatinnisa, Politeknik Negeri Malang

 

 

Helmy Adisaksana, Politeknik Negeri Malang

 

 

Abdullah Helmy, Politeknik Negeri Malang

 

 

Asa Wisesa Betari, Politeknik Negeri Malang

 

 

Ahmad Abror Rozaqi Fatoni, Politeknik Negeri Malang

 

 

References

Amelia, T., Erwin, T. H., & Widiyanti, R. (2022). Perancangan E-Catalogue Sebagai Media Promosi Produk Paket Wisata PT. Ranata Air Network. Prosiding Industrial Research …. https://jurnal.polban.ac.id/ojs- 3.1.2/proceeding/article/view/4286

Chandra, A. (2022, February 17). Harmony.

Https://Harmony.Co.Id.

Indraswari, C., Insan, R. N., Maulida, S. W., Fajriyani, M. R., & Arifah, H. (2021). Psikoedukasi Digital Marketing dan Pembuatan E-Katalog di Wisata Jaka Garong. Psyche 165 Journal, 290–295. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i3. 32

Media Indonesia. (2021). UMKM Dongkrak Perekonomian Kota Malang Saat Pandemi. Medi Indonesia. https://mediaindonesia.com/nusantara/4 64211/umkm-dongkrak-perekonomiana- kota-malang-saat-pandemi

Pelaku Bisnis. (2021, August). Subiakto Priosoedarsono, Bidik Pasar Lokal Dengan Magnet Cinta. Pelaku Bisnis. https://pelakubisnis.com/2021/08/ subiakto-priosoedarsono-bidik-pasar- lokal-dengan-magnet-cinta

Downloads

Published

2023-06-30