PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PROMOSI PADA UMKM MD JAYA KEL. WATUGEDE KEC. SINGOSARI KABUPATEN MALANG

Authors

  • Dwi Sudjanarti Politeknik Negeri Malang
  • Asminah Rahmi Politeknik Negeri Malang
  • Heru Utomo Politeknik Negeri Malang
  • Rr. Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang
  • Esther Hesline Palandi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/abdimas.v10i1.4193

Keywords:

digital marheting , media social, UMKM

Abstract

Keberadaan UMKM diharapkan mampu mendongkrak perekonomian seiring berkembangnya era persaingan bebas, seperti WTO, AFTA, APEC, dan AEC, dan agar selalu siap menghadapi krisis ekonomi global. Berkaitan dengan era persaingan tersebut, maka UMKM dituntut untuk selalu meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Salah satunya adalah dengan menerapkan TIK sebagai penunjang kegiatan usahanya. Digital marketing adalah sebuah produk teknologi informasi dimana berupa kegiatan mempromosikan produk dan atau jasa melalui media internet. Program pendampingan ini mampu menghasilkan akun media sosial facebook dengan nama akun Kopi Mdjaya, instagram dengan nama akun https://www.instagram.com/kopi_mdjaya/ , dan website berupa blogspot dengan nama https://kopimdjaya.blogspot.com/. Diharapkan pihak UMKM MD Jaya secara teratur membuat atau mengunggah postingan, status, maupun artikel pada akun media sosial dan website yang sudah
dibuat

References

Agustian, Firmansyah., 2017. Pengertian Blog, Blogger, dan Blogspot, ilmuti.org tersedia di https://docplayer.info/607836 92-Pengertian-blog-blogger-dan-blogspot. html

Ali, Hasan . 2018. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Arifin, Rudi Dian., 2020. Tentang Facebook, https://dianisa.com/pengertian-facebook/

Chaffey, Dave; Chadwick, Fiona Ellis; Mayer, Richard; dan Johnston, Kevin., 2014. Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice, Jakarta, Prentice Hall/Financial Times.

Hanafi, Muhammad., 2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Faceboook Terhadap Motivasi Belajar Siswa FISIP Universitas Riau, Jurnal: JOM FISIP Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016, h. 3.

Jesslyn dan Winduwati, Septia., 2021. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk, Prologia Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Hal 135-141, https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/issue/view/404

Kartajaya, Hermawan. 2016. Marketing In Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Macarthy, Andrew., 2015. 500 Social Media Marketing Tips Essential Advice, Hints and Strategy for Business Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, LinkedIn, YouTube, Snapchat, and More!, https://www.amazon.com/500-Social-Medi a-Marketing-Tips-ebook/dp/B007L50HE6

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua., 2015. Creative Digital Marketing. Jakarta, PT Elex Media Komputindo.

Yurieff, K., CNN. (2018). Instagram just made it a lot easier to shop on the app. CNN.https://www.cnn.com/2018/09/30/tech/instagram-shopping/index.html

Downloads

Published

2023-06-30