Pelatihan Alat Evaluasi Berbasis Teknologi Menggunakan Classpoint Bagi Guru SMK di Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.33795/abdimas.v11i2.4440Keywords:
alat evaluasi pembelajaran, teknologi, aplikasi classpoint, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Abstract
Saat ini pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih banyak yang bersifat konvensional menggunakan tes berbasis kertas padahal kurikulum menuntut pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Ada banyak pilihan aplikasi yang dapat memudahkan guru dalam melakukan proses evaluasi, salah satunya adalah aplikasi Classpoint. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi dan inovasi bagi guru-guru SMK, khususnya guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi Kabupaten Tulungagung dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi menggunakan aplikasi Classpoint. Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan pembuatan bentuk soal dan fitur koreksi otomatis yang dapat mempersingkat waktu pengkoreksian bagi guru. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah interaktif, diskusi, demonstrasi dan pelatihan. Hasil pengabidan menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru peserta dalam pembuatan alat evaluasi berbasis teknologi menggunakan Classpoint. Hal ini menunjukkan peningkataan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien menggunakan alat evaluasi pembelajaran yang tepat.
References
Y. Indarta, N. Jalinus, W. Waskito, A. D. Samala, A. R. Riyanda, and N. H. Adi, “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 3011–3024, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.
I. Sari and S. Gumiandari, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Cirebon ,” J. Educ. Cult., vol. 2, no. 3, pp. 1–11, 2022, doi: 10.58707/jec.v2i3.267.
D. S. Dasar, “Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5 . 0 Tautan Terkait Statistik,” 2023.
R. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, “Panduan Pembelajaran dan Penilain,” p. 123, 2017.
A. Mahmudah and A. Pustikaningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 17, no. 1, pp. 97–111, 2019, doi: 10.21831/jpai.v17i1.26515.
S. Lestari, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tik Oleh Guru,” J. Kwangsan, vol. 3, no. 2, p. 121, 2015, doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29.
S. Salim, K. Anwar, and A. T. Kuncoro, “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring,” Pros. SENAM, pp. 381–391, 2020, [Online]. Available: https://jacips.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/15
A. H. Abdelrady and H. Akram, “An Empirical Study of ClassPoint Tool Application in Enhancing EFL Students’ Online Learning Satisfaction,” Systems, vol. 10, no. 5, pp. 1–14, 2022, doi: 10.3390/systems10050154.
V. M. Indriani, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Microsoft Power Point Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar,” Jpgsd, vol. 8, pp. 1044–1052, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36681
Sundari, D. Hadiyani, and I. Muhlis, “Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta,” J. Pemikir. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 1–9, 2021.
N. Yektiana and M. Nursikin, “Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian, Dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam,” J. Cendekia Ilm., vol. 2, no. 2, pp. 263–266, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1448
V. Pratiwi, “Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap,” Pros. Semin. Pendidik. Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, 2017.
S. Suarga, “Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran,” Inspiratif Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 327–338, 2019, doi: 10.24252/ip.v8i1.7844.
D. N. Sari and V. Pratiwi, “Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbantuan Aplikasi Classpoint Pada Mata Pelajaran Layanan Lembaga …,” J. Pendidik. dan Kebud. …, vol. 3, no. 2, pp. 285–304, 2023, [Online]. Available: http://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/view/1915%0Ahttp://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/download/1915/1504
I. Elmahdi, A. Al-Hattami, and H. Fawzi, “Using Technology for Formative Assessment to Improve Students’ Learning, Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 2018-Apr,” TOJET Turkish Online J. Educ. Technol., vol. 17, no. 2, pp. 182–188, 2018, [Online]. Available: https://eric.ed.gov/?id=EJ1176157
V. Pratiwi et al., Does Online Learning During the Covid-19 Pandemic Have an Impact on Student Character Values?, vol. 1. Atlantis Press SARL, 2023. doi: 10.2991/978-2-38476-008-4_116.
T. Tanjung, F. Ariani;, Saputra;, A. Kurniawan, Erlangga, and S. T. Robby Yuli Endra, “Sosialisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada SMK Pusat Keunggulan Di SMK Negeri 8 Bandar Lampung,” J. Pengabdi. Masy. Tapis Berseri, no. Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) (Edisi April), pp. 33–40, 2023, [Online]. Available: https://tapisberseri.ubl.ac.id/index.php/jpmtapisberseri/article/view/37/26
N. T. S. Pamungkas and L. Hakim, “PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS COMPUTER TEST ( CBT ) PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO Luqman Hakim Abstrak,” J. Pendidik. Akunt., vol. 07, no. 01, pp. 90–95, 2019.
V. Nomor, J. Hal, Y. Firdiansyah, and H. P. Pamungkas, “Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Moneter,” vol. 4, pp. 1–7, 2021, doi: 10.26858/jekpend.v4i1.15549.
I. R. Permatasari, T. R. Arjo, K. I. Permanasari, and J. O. Sinatrya, “Pelatihan Pemanfaatan Wa Bisnis Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Desa Duwet,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 9, no. 2, pp. 125–131, 2022, doi: 10.33795/jabdimas.v9i2.191.
S. Rohayati, I. Widayati, E. Wahjudi, V. Pratiwi, and M. A. Rafsanjani, “Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis Web Bagi Guru MGMP Akuntansi di Jawa Timur,” J. Karinov, vol. 5, no. 3, pp. 157–161, 2022, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/30106
M. Yaelasari and V. Y. Astuti, “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor),” J. Pendidik. Indones., vol. 3, no. 07, pp. 584–591, 2022, doi: 10.59141/japendi.v3i07.1041.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.