Penyuluhan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Literasi Keuangan Dan Aspek Lingkungan Pada Guru Di TK/SD Islam Restu Ibu Di Kecamatan Sukun, Kota Malang

Authors

  • Sarah Yuliarini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Fadilla Purwitasari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ricky Angga Ariska Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33795/abdimas.v11i1.4723

Abstract

Literasi aspek lingkungan dan keuangan perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini adalah untuk mendukung sekolah dalam bertransformasi dari kurikulum 2013 ke Merdeka Belajar dan model pola asuh (parenting) terkait konsumsi sumber daya karena dua hal ini merupakan dua keping uang yang saling berkaitan, efisiensi penggunaan sumber daya (energi dan air), dampak lingkungan pada alokasi keuangan rumah tangga. Dampak pola asuh yang kurang lengkap terkait dua hal di atas menyebabkan kurang percaya diri individu dalam perencanaan keuangan pada saat dewasa dan kurang sensitif terhadap lingkungan hidupnya. Tujuan penyuluhan literasi pada anak-anak tingkat TK dan SD untuk penunjang pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Tingkat TK dan SD mencakup kompetensi dan karakter.

References

D. W. Hadi, ‘KLHK Ajak Ibu Rumah Tangga Kelola Sampah Dari Sumbernya’, Jul. 26, 2018. [Online]. Available: http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/1382.

A. Amagir, W. Groot, H. Maassen van den Brink, and A. Wilschut, ‘A Review Of Financial-Literacy Education Programs For Children And Adolescents’, Citizenship, Social and Economics Education, vol. 17, no. 1, pp. 56–80, Apr. 2018, doi: 10.1177/2047173417719555.

M. A. Hilgert and J. M. Hogarth, ‘Household Financial Management: The Connection Between Knowledge And Behavior’, Federal Reserve Bulletin, vol. 89, no. 7, pp. 309–322, 2003.

V. G. Perry and M. D. Morris, ‘Who Is in Control? The Role of Self-Perception, Knowledge, and Income in Explaining consumer Financial Behavior’, Journal of Consumer Affairs, vol. 39, no. 2, pp. 299–313, Sep. 2005, doi: 10.1111/j.1745-6606.2005.00016.x.

A. Bandura, ‘Guide for Constructing Self-efficacy Scales’, in Self-Efficacy Beliefs of Adolescents, Information Age Publisher, 2005, pp. 307–337.

J. Hopkins and B. Farr, ‘UK Children and Young People’s Survey Financial Education in Schools’, London: Money and Pension Service, 2019. [Online]. Available: https://moneyandpensionsservice.org.uk/2020/01/21/uk-children-and-young-peoples-survey-financial-capability-2019.

D. A. Kolb, R. E. Boyatzis, and C. Mainemelis, ‘Experiential Learning Theory: Previous Research and New Directions’, NJ: Lawrence Erlbaum, 2000.

Downloads

Published

2024-06-30