BANTUAN TEKNIS PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBANGUNAN PENGEMBANGAN TPQ MASJID AL-ISHLAH DI KELURAHAN DINOYO, KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Authors

  • Sumardi Sumardi Politeknik Negeri Malang
  • Indah Ria Riskiyah Politeknik Negeri Malang
  • Novita Anggraini Politeknik Negeri Malang
  • Radhia Jatu Politeknik Negeri Malang
  • Suselo Utoyo Politeknik Negeri Malang
  • Devi Zettyara Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/abdimas.v10i2.4808

Keywords:

Kurva S, pendampingan monitoring, pekerjaan struktur

Abstract

Masjid Al-Ishlah berlokasi di Jl. MT. Haryono VI/834 Kel. Dinoyo Kec. Lowokwaru Kota Malang. Bangunan masjid ini terdiri dari dua lantai yaitu luas bangunan lantai satu 250 m2 dan lantai dua 200 m2. Dengan luas bangunan tersebut, Masjid Al-Ishlah dapat menampung jama’ah sholat sekitar 350 jama’ah. Masjid ini akan dibangun Taman Pendidikan Quran (TPQ) yang diperuntukkan untuk anak – anak di lingkungan wilayah RW 02 Kelurahan Dinoyo. Fasilitas yang memadai dari TPQ, akan menunjang kegiatan santri dalam proses menimba ilmu agama. Namun, fasilitas ruang kelas dan tempat bermain di TPQ Masjid Al-Ishlah belum memadai karena TPQ ini merupakan organisasi non profit yang tidak membebankan biaya pendidikan kepada orangtua santri. Selama ini fasilitas yang dibangun menjadi tanggung jawab masyarakat dan para donatur masjid. Demi memenuhi kebutuhan fasilitas pendidikan agama Islam anak – anak khususnya di lingkungan wilayah RW 02 Kelurahan Dinoyo maka, warga berencana untuk melakukan pembangunan pengembangan TPQ di Masjid Al-Ishlah. Dalam perencanaan pembangunan suatu infrastruktur bangunan harus dilakukan secara efektif dan efisien. Agar hal tersebut bisa tercapai, maka diperlukan suatu strategi berupa penyusunan jadwal pekerjaan yang dituangkan dalam Kurva S serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pelaksanaan pembangunan pengembangan Masjid Al-Ishlah agar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebagai implementasi pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi, kegiatan PPM ini fokus pada perencanaan penyusunan jadwal pekerjaan dalam Kurva S dan melakukan pendampingan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pelaksanaan pekerjaan struktur beton bertulang (pondasi, sloof, kolom, balok dan pelat lantai) pembangunan pengembangan Masjid Al-Ishlah.

References

Kartika, Nia. 2019. Pengawasan dan Pengendalian proyek Pembangunan Asrama Siswa SMK Terpadu A-Ittihas Purabaya Kabupaten Sukabumi.

Ervianto Wulfram I. 2013. “Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi”. Jakarta: Andi Offset.

Husen, A. (2011). Manajemen Proyek. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-12-30