BIMBINGAN PEMBUATAN INSTAGRAM SHOPPING DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PEMASARAN PRODUK PADA UMKM DI MALANG

Authors

  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang
  • Ayu Sulasari Politeknik Negeri Malang
  • Lina Budiarti Politeknik Negeri Malang
  • Rena Feri Wijayanti Politeknik Negeri Malang
  • Kun Mustain Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/abdimas.v11i1.5245

Keywords:

Online Media, Kedung Kandang, Instagram

Abstract

Sosial media merupakan salah satu media penghubung informasi dan komunikasi dari produsen ke konsumen di manapun mereka berada dan berapapun jaraknya. Instagram merupakan media sosial yang tepat sebagai media pemasaran di era digital ini. Melihat jangkauan pengguna Instagram yang luas akan menjadi media potensial untuk mengembangkan jangkauan pemasaran, sehingga UKM dapat memanfaatkan lebih optimal. Instagram mempunyai banyak fitur yang dapat membantu UKM untuk mengembangkan pemasarannya. Salah satu fiturnya adalah Instagram Shopping yaitu serangkaian fitur yang memungkinkan orang untuk berbelanja dengan mudah lewat foto dan video merek Anda di seluruh Instagram.yang di dalamnya ada toko dan etalase dengan halaman detail produk.

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar pelaku UKM memiliki pengetahuan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan dan pemanfaatan Instagram Shopping dalam memperluas jangkauan pemasaran produk. fitur-fitur pada Instagram Shooping juga memudahkan berbagai skala usaha untuk menampilkan usahanya yaitu fitur: Instagram Shopping Tag, Katalog Produk, Halaman Detail Produk, Instagram Shopping Ads, Shopping Tag di Akun tertentu dan Product Luanches.

Luaran kegiatan pengabdian ini adalah publikasi jurnal Pengabdian ber-ISSN, publikasi media massa online, adanya penerapan pengetahuan dan ketrampilan mitra.

References

accurate.id, 2020. Instagram Shopping: Pengertian dan Cara Menggunakannya Untuk Tingkatkan Penjualan Anda. Diakses tanggal 20 Januari 2023. https://accurate.id/digital-marketing/instagram-shopping

Bradbury, H. (2015). The SAGE Handbook of Action Research. SAGE Publications.

dataindonesia.id. 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022 Diakses tanggal 20 Januari 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/ pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-202

Gamboa, A. M., & Gonçalves, H. M. (2014). Customer loyalty through social networks: Lessons from Zara on Facebook. Business Horizons, 57(6), 709-717.

Kemp, S. (2022, October 7). https://datareportal.com/. Retrieved from DataReportal–Global Digital Insights: https://datareportal.com/reports/ looking-ahead-to-what-2023-holds

merkle.com.2018. Merkle Q1 2018 Digital Marketing Report Released. Diakses tanggal 20 Januari 2023. https://www.merkle.com/blog/merkle-q1-2018-digital-marketing-report-released

Moch, H., Purwidiantoro, D., Fajar, K. S. W., & Hadi, W. .2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jurna lEKA CIDA 1(1), 30. http://journal.amikomsolo.ac.id/ index.php/ekacida/article/view/19

Simonis, G., & Dimitriadis, S. (2014). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence & Planning, 32(3), 328-344.

Downloads

Published

2024-06-30