PENGGUNAAN SOCIAL COMMERCE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DAN PERHITUNGAN BIAYA PEMASARANNYA DI DESA WISATA BUDAYA TULUSBESAR KECAMATAN TUMPANG

Authors

  • Widi Ernawati Politeknik Negeri Malang
  • Aang Afandi Politeknik Negeri Malang
  • Fathimatus Oktavia Politeknik Negeri Malang
  • Zainal Haris Politeknik Negeri Malang
  • Farisa Maula Politeknik Negeri Malang
  • Padma Sari Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/abdimas.v11i2.6369

Abstract

Desa Tulusbesar merupakan desa yang terletak di wilayah Kabupaten Malang. Potensi yang terdapat pada desa ini sangat besar terutama dalam bidang seni dan budaya. Terdapat banyak pagelaran seperti bantengan, jaranan, wayangan dan ada juga pelaku UMKM yang memproduksi topeng malangan, kuda lumping, wayang, lampu hias dan masih banyak lagi. Salah satu indikator kesuksesan pelaku UMKM Desa Wisata Budaya Tulusbesar adalah kesejahteraan masyarakat Desa Tulusbesar yang meningkat. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara meningkatkan penjualan produk dari hasil keterampilan masyarakat desa ini. Tantangan dan permasalahan yang terjadi pada lingkungan bisnis saat ini adalah masyarakat banyak melakukan transaksi jual beli melalui platform digital, sehingga dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk bisa memasarkan berbagi macam produk melalui metode tersebut. Agar usaha yang dimiliki masyarakat Desa Wisata Busaya Tulusbesar ini bisa bertahan dan lebih berkembang, maka tim PPM memberikan pelatihan penggunaan social commerce untuk meningkatkan penjualan UMKM di Desa Wisata Busaya Tulusbesar serta perhitungan biaya pemasarannya.

References

Pemerintah Indonesia. 2014. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sekertariat Negara. Jakarta.

Rahmadiane, G. D., & Utami, U. S. 2024. Analisis Pemanfaatan Social Commerce bagi UMKM. Jurnal Adbispreneur, 9(2), 45–60.

Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. 2019. Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509.

Saputri, A. W., & Hidayatulloh, A. 2024. Anteseden dan Dampak Penggunaan Social Commerce terhadap Kinerja Penjualan. ResearchGate. 9(2), 340-3438.

Teja, M. 2015. Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kawasan Pesisir. Development for Welfare Society in Coastal Area, 6, I63-76.

Downloads

Published

2024-12-21