ANALISIS PERAN PSLD DALAM PENGEMBANGAN KARIR BIDANG BISNIS PADA CALON TENAGA KERJA TUNA RUNGU (Studi pada Rumah Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya)

Authors

  • Ellyn Eka Wahyu Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Siti Nurbaya Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Yekie Senja Oktora Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v16i2.1729

Keywords:

Layanan Disabilitas, Tuna Rungu, Pengembangan Karir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya Dalam Pengembangan Karir Bidang Bisnis Pada Calon Tenaga Kerja Tuna Rungu memanfaatkan pedoman yang bersumber dari International Labour Organization (ILO).
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan data primer yang bersumber dari wawancara penelitian diperoleh dengan wawancara dengan pihak humas PSLD serta mahasiswa dan alumni universitas brawijaya dengan disabilitas tunarungu. Data primer kemudian dianalisis secara deskriptif dan reduksi data. Hasil dari reduksi data kemudian dijelaskan melalui metode data display.
Hasilnya, PSLD UB sudah memberikan layanan dalam kegiatan operasional perkuliahan seperti adanya volunteer dalam pengerjaan tugas, layanan penerjemah serta layanan digitisasi buku. namun disisi yang lain, masih belum ditemukan pelatihan kerja
yang sesuai dengan jurusan dan program studi dari tiap mahasiswa. Bentuk pelatihan yang diberikan sebatas pelatihan wawancara kerja dan pembuatan curriculum vitae dan belum menyasar pada pelatihan prakerja dan pelatihan karakter.

Downloads

Published

2022-12-31