STRATEGI MEMBANGUN EKOSISTEM BISNIS,PEMASARAN DIGITAL MARKETING DAN MEMBANGUN CUSTOMER RELIATIONSHIP PADA UMKM (ONTY CAKE & BAKERY) PEKALONGAN DITENGAH PANDEMI COVID 19

Authors

  • Zainul Arifin STIE Malangkucecwara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v16i2.1741

Keywords:

UMKM, Covid’19, Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dilakukan UMKM (Onty Cake & Bakery) dalam menghadapi pandemi Covid'19.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui survei dengan informan sebanyak 4 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk bisa bertahan dari kondisi pandemi Covid'19, "Onty Cake & Bakery" menerapkan strategi yang meliputi membangun ekosistem bisnis, bergabung dengan berbagai komunitas bisnis, melakukan pemasaran melalui media sosial (Digital Marketing) seperti Instagram, Facebook, Twitte, WhatsApp dan membangun customer reliationship

Downloads

Published

2022-12-31