ANALISIS KOMPARASI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN KERJA BERBASIS KOMPETENSI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS LATIHAN KERJA DAERAH DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Nunung Nurastuti Utami STIE Malangkucecwara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v16i2.1742

Keywords:

efektifitas, pelatihan, kompetensi, karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efektifitas pelatihan dan kompetensi antar karyawan dan karyawati
Populasi penelitian ini adalah peserta yang sedang melakukan pelatihan berbasis kompetensi pada UPT LKD Kabupaten Pasuruan sebesar 42 orang, semua diambil sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah: uji t independent sample, yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji homogenitas varians.
Dengan menggunakan t independent sample tes tentang efektifitas pelatihan dan kompetensi antara kelompok karyawan dan karyawati diperoleh hasil nilai t masing-masing sebesar – 0,441 (sig: 0,662) dan 0,446 (sig: 0,658). Hal ini mengartikan bahwa tidak ada perbedaan efektifitas pelatihan maupun kompetensi antara karyawan dan karyawati pada pelatihan pelatihan kerja berbasis kompetensi di unit pelaksana teknis latihan kerja daerah dinas tenaga kerja Kabupaten Pasuruan, dan dapat disimpulkan bahwa antara karyawan dan karyawati memiliki efektifitas pelatihan dan kompetensi yang sama.
Dari hasil analisis diatas maka disarankan bahwa tidak perlu membedakan kebijakan dan perlakuan yang terkait dengan pengembangan sumber daya, baik metode maupun perlakuan antara karyawan pria maupun wanita, dan mereka diberikan kesempatan yang sama. 

Downloads

Published

2022-12-31