DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERBANKAN SYARIAH PERIODE 2015-2019
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v15i2.1795Keywords:
Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran PerusahaanAbstract
Islamic Social Reporting (ISR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada para pemangku kepentingan yang tidak hanya menekankan aspek kepedulian sosial yang terkait dengan lingkungan, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat, terutama masalah yang berkaitan dengan bagi hasil dan praktik perdagangan yang adil. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas yang menguji pengaruh variabel
bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR perbankan syariah, sedangkan profitabilitas, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR perbankan syariah.