STRATEGI PROMOSI PADA UMKM SWEETYBERRY GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

Authors

  • Rizky Kurniawan Murtiyanto Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Shinta Maharani Trivena Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Rena Feri Wijayanti Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v15i2.1806

Keywords:

Promosi, Sweetyberry, Kecantikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan pada UMKM Sweetyberry.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian adalah strategi promosi yang diterapkan oleh UMKM Sweetyberry. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi, mereduksi data, mengolah data, menganalisis data, membuat pembahasan, dan diakhiri dengan kesimpulan dan saran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi offline yang sudah dilakukan oleh UMKM Sweetyberry adalah melakukan desain kemasan, membuat kartu nama, membuat banner, membuat brosur, membuat spanduk. sedangkan promosi online yang dilakukan adalah promosi melalui website resmi, promosi melalui IG feeds dan Ig Ads, promosi melalui Facebook, promosi melalui marketplace, endorsement. Saran yang dapat diberikan adalah dengan menambah mitra untuk penjualan konsinyasi, promosi melalui Instagram dengan cara giveaway dan aktif memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk Sweetyberry, serta aktif mengingatkan pembeli pada marketplace untuk memberikan bintang 5 dan memberikan review positif.

Downloads

Published

2021-12-31