SISTEM PENJUALAN KONSINYASI GUNA MENINGKATKAN POTENSI PENJUALAN DAN KELANCARAN PEMBAYARAN PADA UMKM DI KOTA MALANG

Authors

  • Shinta Maharani Trivena Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Eko Boedhi Santoso Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v15i2.1807

Keywords:

Konsinyasi, penjualan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem penjualan konsinyasi guna meningkatkan potensi penjualan dan kelancaran pembayaran usaha pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan surve pada 5 UMKM di Kota Malang yang bergerak dibidang makanan dan minuman.
Hasil penelitian meunjukkan bahwa selama masa Pandemi Covid 19 banyak UMKM mengalami penurunan penjualan konsinyasi, sehingga banyak barang dari komisioner yang dikembalikan. Selain itu, belum adanya dokumen penunjang penjualan konsinyasi
menyebabkan potensi ketidaklancaran pembayaran semakin tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah perubahan yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya dengan mengubah bentuk produk jadi menjadi produk setengah jadi,
memperbaiki kemasan untuk dapat lebih menarik perhatian, melengkapi tanggal kadaluarsa dan PIRT untuk lebih meyakinkan konsumen yang akan membeli produk tersebut, mencari mitra (calon komisioner dengan skala menengah ke atas). Selain itu, diperlukan sebuah peramalan penjualan.

Downloads

Published

2021-12-31