ANALISIS PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING

Authors

  • Isabella Yora Cristina STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia
  • Triana Murtiningtyas STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v15i1.1837

Keywords:

Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Transfer Pricing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu pajak (X1), tunneling incentive (X2), dan mekanisme bonus (X3).
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah transfer pricing (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016-2019, dengan total populasi sebanyak 169 perusahaan. Metode penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data sekunder yaitu berupa laporan keuangan tahunan yang didapat melalui website resmi Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing, tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing, dan mekanisme bonus berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing.

Downloads

Published

2021-06-30