PENGARUH STRATEGI PROMOSI SOCIAL MEDIA DAN KUALITAS PRODUK SERTA WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KULINER (Studi Kasus pada Konsumen Sido Semi Malang)

Authors

  • Ana Agustina Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Rahayu Puji Suci Universitas Widyagama Malang, Indonesia
  • Wahju Wulandari Universitas Widyagama Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v15i1.1840

Keywords:

Social Media, Kualitas Produk, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi social media, kualitas produk serta word of mouth marketing, terhadap keputusan pembelian kuliner di Sido Semi Malang.
Penelitian dilakukan pada 96 responden di Kota Malang yang sudah melakukan pembelian di Sido Semi. Jumlah reponden ditentukan menggunakan metode non probability sampling, yaitu purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala Likert 1 – 5. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling - Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media dan kualitas produk secara langsung berpengaruh positif signifikan terhadap Word of Mouth, tapi secara langsung keduanya tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Namun jika melalui Word of
Mouth
, baik Social Media dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Word of Mouth secara langsung juga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2021-06-30