ANALISIS PERILAKU WIRAUSAHA MASYARAKAT

Authors

  • Nunung Nurastuti Utami STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v15i1.1841

Keywords:

wirausaha, karakteristik individu, perilaku wirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh karakteristik individu masyarakat pesisir,karaktersitik lingkungan eksternal terhadap perilaku wirausaha masyarakat pesisir.
Keseluruhan populasi masyarakat yang berusaha di obyek wisata pantai Balekambang dan Sendang biru adalah 140 orang dengan menggunakan quisioner sebagai alat pengumpulan data, dengan peubah :Faktor Karakteristik Individu Masyarakat Pesisir ,Faktor Karakteristik Lingkungan Eksternal dan Perilaku Wirausaha.Analisa data dengan menggunakan korelasi Rank Spearman dengan uji beda dengan dua sampel untuk mengetahui perbedaan perilaku wirausaha masyarakat pesisir berdasarkan lokasi obyek wisata.
Hasil penelitian menunjukkan Pantai Balekambang memiliki sarana wisata yang lebih lengkap dibanding pantai Sendangbiru karena telah lama dikelola oleh badan usaha milik daerah yaitu PD Jasa Yasa, dengan beberapa pulau yang salah satunya terdapat pura yang dijadikan tempat peribadatan umat Hindu. Terdapat perbedaan secara nyata pada aspek keinovatifan, pengelolaan resiko dan daya saing masyarakat di pantai Balekambang dengan pantai Sendang biru. Sehingga perilaku wirausaha masyarakat pesisir pada kedua pantai tersebut berbeda nyata.

Downloads

Published

2021-06-30