ANALISIS PEMAHAMAN EKONOMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIVE

Authors

  • Nunung Nurastuti Utami STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v14i2.1865

Keywords:

Pemahaman ekonomi, keputusan, pembelian, impulsive

Abstract

Globalisasi mempunyai pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia dikarenakan dengan adanya globalisasi membuka peluang produk-produk global ke pasar domestik, salah satunya terlihat dari maraknya Mall yang menunjukkan tingginya budaya konsumtif di kalangan masyarakat, terjadinya fenomena psikoekonomik yakni pembelian impulsif yang berkaitan dengan uang dan gaya hidup terutama mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi globalisasi yakni menguatkan karakter mereka dengan menanamkan pengetahuan ekonomi Dari hasil anlisis data diperoleht informasi bahwa mahasiswa Malang Indonesia memiliki
pengetahuan literasi yang kurang , sedang sampai sangat rendah sebesar 81,3 persen, serta hanya 18,7 persen berkemampuan tinggi. Selanjutnya diperoleh juga informasi bahwa literasi ekonomi dan kontrol diri mempunyai pengaruh yang negatif yang signifikan terhadap perilaku impulsive berturut-turut sebesar -0,274 dan -0,669, rendahnya prosentasi pengetahuan tentang literasi ekonomi mikro dan makro berdasarkan indikator The Standard in Economic Survey yang dikembangkan oleh NCEE.

Downloads

Published

2020-12-31