PENGARUH FAKTOR MIKRO DAN MAKRO EKONOMI TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v14i2.1868Keywords:
ROA, ROE, NPM, Inflasi, Kurs DolarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor mikro dan faktor makro ekonomi terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman, baik secara silmultan maupun sendiri-sendiri. Populasi digunakan adalah perusahaan makanan dan minuman 18 yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Sampel teridentifikasi 10 perusahaan dengan eliminasi data menjadi 45 data. Faktor mikro meliputi ROA (Return on Asset), ROE (Return on Equity), Net Profit Margin (NPM); sedangkan faktor makro meliputi inflasi dan kurs rupiah. Hasil penelitian ini akan menujuukan faktor mikro tidak dominan dibanding faktor makro ekonomim dalam pengaruhnya terhadap harga saham. ROA berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham; ROE berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham; NPM berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham dengan hasil yang positif,; Inflasi berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham; Kurs Dolar berpengaruh signifikan terhadap harga saham.