ANALISIS SISTEM PENYIMPANAN DAN PENEMUAN KEMBALI ARSIP DATA PEGAWAI UNTUK MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGAWASAN ARSIP PADA POLITEKNIK NEGERI MALANG

Authors

  • Erlangga Andi Sukma Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Tri Wahyu Widodo Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Farika Nikmah Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v14i2.1871

Keywords:

pengelolaan arsip, penyimpanan arsip, penemuan kembali arsip, pengawasan arsip

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan arsip di Politeknik Negeri Malang berupa sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip guna menunjang efektivitas pengawasan arsip data pegawai.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini difokuskan pada bagian Kepegawaian dengan subyek arsip data pegawai.
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan prosedur pengelolaan arsip data pegawai di Politeknik Negeri Malang ini masih terdapat masalah, yaitu penyimpanan yang masih kurang tertata secara runtut karena tidak diberi kode di setiap dokumen sehingga mempersulit penemuan kembali arsip. Dari hasil perhitungan angka kecermatan arsip masih 1,35 persen yang berarti pengawasan arsip masih belum efektif.

Downloads

Published

2020-12-31