ANALISIS PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS BERDASARKAN KINERJA KEUNGAN DAN FAKTOR EKONOMI PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Authors

  • Muhammad Muwidha Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Mahmudatul Himma Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Indrawan Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v14i2.1872

Keywords:

Financial Distress, Variabel Kinerja Keuangan, Variabel Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prediksi Financial Distress dengan variable predictor kinerja fundamental berupa WCTA, ROA, DTA, NIT dan kinerja pasar berupa Nilai Beta Saham serta faktor ekonomi berupa Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah. Obyek penelitian adalah perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index selama tahun 2015 – 2018. Jumlah perusahaan yang diteliti
sejumlah 47 perusahaan. Setelah dilakukan analisis Altman Score terdapat 34 perusahaan dalam status sehat dan sisanya 13 perusahaan pada kondisi distress.
Secara umum variable prediktor memberikan informasi yang cukup baik. Setelah dilakukan analisis Regresi Logit hasilnya bahwa seluruh variabel independent signifikan untuk memprediksi Financial Distress secara simultan. Namun secara parsial hanya terdapat tiga variable yakni WCTA, ROA dan DTA sedangkan empat variable yang lain NIT, Nilai Beta Saham, Suku Bunga dan Nilai Tukas tidak
berpengaruh signifikan yang berpengaruh signikian.
Berdasarkan variable fundamental WCTA, ROA dan DTA perusahaan dapat mengendalikannya dengan kebijakan yang tepat sehingga posisi perusahaan untuk dalam status sehat dapat diwujudkan. Sedangkan variable lainnya walaupun tidak signifikan semestinyalah menjadi pertimbangan alternatif dalam Menyusun kebijakan karena secara simultan signifikan, sehingga tidak dapat dielakkan bahwa variabelvariabel tersebut juga memberikan dampak dalam prediksi kebangkrutan perusahaan di JII pada masa mendatang.

Downloads

Published

2020-12-31