PENGARUH REPUTASI INSTITUSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) AKA SEMARANG DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Andre Aprilianto Suwardi STIE AKA Semarang, Indonesia
  • Bayu Kurniawan STIE AKA Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v14i1.1908

Keywords:

reputasi institusi, kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini : Menguji dan menganalisis pengaruh reputasi institusi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa, dengan kepercayaan sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AKA Semarang yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (PPDIKTI) tahun 2018/2019. Penelitian
dilakukan dengan teknik accidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 93 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur/path analysis.
Hasil penelitian menunjukkan Reputasi institusi berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan. Kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan.Reputasi institusi mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kepuasan mahasiswa. Kepercayaan mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kepuasan mahasiswa. Reputasi institusi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa melalui kepercayaan sebagai variabel intervening. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa melalui kepercayaan sebagai variabel intervening.

Downloads

Published

2020-06-30