ANALISIS DINAMIS EKSPOR DAN IMPOR INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MODEL KOREKSI KESALAHAN UNTUK MENGHADAPI PELUANG BISNIS (Studi Data Runtun Waktu Tahun 1970- 2019)

Authors

  • Nunung Nurastuti Utami Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v14i1.1915

Keywords:

dinamis, model koreksi kesalahan, ekspor, impor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara dinamis ekspor dan impor pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Penelitian ini terdiri dari data sekunder yang berbentuk data runtun waktu 1970 sampai 2019.Metode yang digunakan adalah metode Model Koreksi Keslahan .
Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa jumlah ekspor jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sedangkan jumlah impor dalam jangka panjang berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian mengartikan bahwa apabila jumlah barang atau jasa yang di ekspor ke luar negeri semakin banyak maka akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sebaliknya kenaikan barang impor akan akan menurunkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, dengan demikian hasil ini dapat digunakan untuk inspirasi strategi dalam menghadapi peluang bisnis di Indonesia.

Downloads

Published

2020-06-30