FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KORPORASI DI INDONESIA MELAKUKAN MANAJEMEN INTERNET CRISIS POTENTIAL

Authors

  • Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Dwi Sudjanarti Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v13i2.1978

Keywords:

ICP, Crisis Prevention, Crisis Preparation, Dark Site

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor dalam model Internet Crisis Potential (ICP) terhadap manajemen ICP dalam perusahan-perusahaan yang ada di Indonesia.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey, melalui pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli melalui pertanyaan lisan dan tertulis,sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori/explanatory research. Objek Penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mengimplementasikan manajemen krisis melalui Internet. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan dari Departemen Information Technology dan Departemen Komunikasi perusahaan dari berbagai sektor bisnis yang ada di Indonesia. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasilnya menunjukan persamaan Y sama dengan 4,930 - 0,030X1 + 0,106X2 - 0,337X3 + 0,360X4. Dengan Adjusted R Square sebesar 0,219 persen, sedangkan secara parsial Pandangan dan pengalaman mengenai persiapan ''dark site'' memiliki pengaruh signifikan terhadap Pengelolaan praktik ICP yang baik, sedangkan secara simultan semua independen berpengaruh terhadap Praktik pengelolaan ICP yang baik.

Downloads

Published

2019-12-31