PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP REPEAT BUYING (Studi Pada Pelanggan Barbershop di Kota Malang)

Authors

  • Achmad Zaini Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Diana Eka Poernamawati Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v13i2.1979

Keywords:

Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Pembelian Berulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel harga dan kualitas pelanggan dalam mempengaruhi pembelian berulang baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel kepuasan pelanggan.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan yang konsisten dengan penelitian sebelumnya. Variabel harga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Barbershop. Variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan Variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian berulang Variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian berulang Variabel harga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pembelian berulang melalui variabel kepuasan pelanggan Variabel kepuasan pelanggan adalah mediator penuh. Variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pembelian berulang Variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pembelian berulang melalui variabel kepuasan pelanggan Kepuasan pelanggan variabel adalah mediator parsial. Hubungan antara variabel yang terlibat adalah: harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan pembelian berulang 89,56 persen.

Downloads

Published

2019-12-31