ANALISIS PROSEDUR PENYIMPANAN ARSIP YANG EFEKTIF UNTUK KELANCARAN KERJA PADA PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk-AUTO 2000 SUTOYO MALANG

Authors

  • Farida Akbarina Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Tri Wahyu Widodo Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Siti Nurbaya Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v13i2.1984

Keywords:

prosedur, penyimpanan, efektif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis prosedur penyimpanan arsip untuk kelancaran kerja pada PT Astra International Tbk-Auto 2000 Sutoyo Malang.
Dalam melakukan pengamatan ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, digunakan untuk memecahkan masalah yang dialami dengan menggambarkan kondisi objek penelitian saat ini berdasarkan fakta nyata. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara dan sumber data sekunder yang dikumpulkan dari buku pendukung.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prosedur penyimpanan arsip masih belum dilakukan secara maksimal dan efektif, faktor belum dilakukan dengan maksimal karena kurangnya wawasan untuk mengindeks, memberi tanda dan mencatat surat masuk dan surat keluar menggunakan buku agenda. Tidak adanya petugas khusus yang menangani arsip di ruang arsip membuat staf di bagian administrasi melakukan pekerjaan dua kali lipat dari pekerja lainnya.

Downloads

Published

2019-12-31