ANALISIS PROSEDUR ADMINISTRASI PENJUALAN TUNAI DAN KREDIT PADA PT SUN STAR MOTOR MALANG GUNA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN

Authors

  • Shinta Maharani Trivena Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Rena Feri Wijayanti Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v13i2.1985

Keywords:

Standar Operasional Prosedur Administrasi, Penjualan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan administrasi penjualan tunai dan kredit pada PT Sun Star Motor Malang telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang ada.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data dengan cara mencari dan menemukan data, melakukan eliminasi atau reduksi data, mengolah data, menganalisis data, membuat kesimpulan dan saran.
Hasilnya bahwa penerapan prosedur administrasi penjualan tunai pada PT Sun Star Motor Malang kadangkala tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Hal ni dikarenakan penumpukan tugas yang dilakukan oleh sales karena cukup pentingnya peranan sales bagi konsumen. Apabila dikaitkan dengan pengendalian intern, seharusnya sales tidak boleh menerima uang tunai karena setiap
transaksi penjualan yang berkenaan dengan penerimaan uang tunai dipegang oleh kasir. Setiap penerimaan uang baik secara tunai maupun non tunai dari pembeli, akan dibuatkan bukti penerimaan, misalkan kwitansi.

Downloads

Published

2019-12-31