PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN, ASIMETRI INFORMASI DAN KESESUAIAN KOMPENSASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI (Studi Empiris Kantor Pusat Bank Perkreditan Rakyat Di Kota dan Kabupaten Malang)

Authors

  • Restu Putri Pamungkas STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia
  • Istutik STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v13i1.1992

Keywords:

Sistem Pengendalian Intern, Sistem Bagi Hasil

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh efektifitas pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, menguji pengaruh asimetri informasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, menguji pengaruh kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.
Penelitian kualitatif dilakukan melalui survey dan interviev mendalam ke pihak manajemen bank syariah di Malang, pelanggan, dan akademisi tentang kebutuhan sistem pengendalian intern yang sesuai dengan karakteristik bank syariah. Pengembangan sistem pengendalian intern dengan kerangka COSO (Committee of Sponsoring Organizations of The Treadway Commissions) diadopsi dan disesuaikan dengan karakteristik bank syariah.
Hasil penelitian menawarkan model sistem pengendalian intern bank syariah melalui lima komponen dari COSO yaitu (1) lingkungan pengendalian, (2) penilaian risiko, (3) aktifitas pengendalian, (4) informasi dan komunikasi, dan (5) monitoring yang akan bermanfaat bagi bank syariah untuk pencapaian sasaran strategis dan operasional, akurasi pelaporan keuangan, dan kepatuhan terhadap kebijakan dan hukum yang berlaku. Dengan demikian akan dapat membantu mengeliminir risiko sehingga kinerja pembiayaan berbasis bagi hasil juga dapat ditingkatkan.

Downloads

Published

2019-06-30