PENGARUH VARIABEL PREDIKTOR TERHADAP KEPATAHUAN PEMBAYAR ZAKAT DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA CIVITAS AKADEMI POLINEMA

Authors

  • Muhamad Muwidha Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Mahmudatul Himma Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Nur Indah Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v13i1.2005

Keywords:

Kepatuhan, Pemahaman Zakat, Transparansi, Lembaga Zakat

Abstract

   Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan membayar zakat. Motivasi penelitian ini terkait dengan keberadaan fasilitas POLINE berupa masjid raya An Nur yang sudah memadai sebagai masjid kampus yang sudah perhitungkan di wilayah Malang Raya. Tentunya pelayannnya tidak hanya dalam hal ibadah mahdah namun segara harus diberdayakan untuk pelayanan sosial terutama dalam memberikan kontribusi menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.
Jumlah populasi penelitan 234 personal hasil sampling sebanyak 114 personal. Kusioner yang kembali sejumlah 60 lembar jawaban. Temuan yang diperoleh bahwa karyawan POLINEMA 55 persen telah meenuaikan pembayaran zakat. Sisanya 45 persen diharapkan menjadi muzakki potensial dimasa mendatang. Dua variabel penting yang memberikan pengaruh terhadap kepatuhan yakni Pemahaman Zakat dan Transparansi. Terutama untuk transparansi memiliki pengaruh yang lebih kuat dan signifikan.
Langkah terbaik adalah segera dibentuk lembaga pengelola zakat dengan mempersiapkan berbagai sarana baik fisik maupun sumberdaya yang diperlukan.

Downloads

Published

2019-06-30