KARAKTERISTIK INDIVIDU, KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN PENGALAMAN KERJA, PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN, MOTIVASI DAN KINERJA DOSEN TETAP FISIP UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Authors

  • Alifiulahtin Utaminingsih Universitas Brawijaya Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2858

Keywords:

Karakteristik individu, motivasi, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan kerja, motivasi kerja dan kinerja berdasarkan karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan pengalaman kerja dosen tetap FISIP UB Malang.
Jenis penelitian ini termasuk eksplanatory research yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode sensus. Responden berjumlah 86 orang. Instrumen pokok penelitian adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert lima poin, analisis data menggunakan SEM.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Pertama: Ada pengaruh signifikan antara karakteristik individu, karakteristik pekerjaan dan pengalaman kerja terhadap kemampuan kerja (sebesar 54,8 persen).Kedua: Ada pengaruh signifikan antara karakteristik individu,
pengalaman kerja dan kemampuan kerja terhadap motivasi kerja. Konstribusi ketiga variabel ini dalam menjelaskan variasi kemampuan kerja adalah 42,4 persen. Ketiga: Ada pengaruh signifilan antara karakteristik individu, pengalaman kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja, dengan motivasi kerja sebagai faktor dominan tingginya kinerja dosen.

Downloads

Published

2018-12-31