ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus pada Rumah Makan "Rata-Rata" Yogyakarta)

Authors

  • Suseno Hendratmoko Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2859

Keywords:

kuantitaf, kualitas produk, kualitas layanan, harga, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan konsumen.
Lokasi pengambilan sampel penelitian adalah cabang rumah makan Rata-Rata yang berlokasi di jalan Lowanu, Yogyakarta. Metode pengambilan sampel menggunakan accindental sampling. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk yang diterima konsumen, maka tingkat kepuasan konsumen semakin tinggi. Terbukti dengan hasil uji t yang bernilai positif sebesar 0,43. Sementara pada variabel kualitas layanan, juga menunjkkan hasil yang signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,272. Demikian juga pada variabel harga menunjukkan hasil uji t sebesar 0,234. sehingga dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat baik secara parsial maupun secara simultan pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen. Pada kualitas produk menduduki posisi validitas yang tertinggi berdasar hasil uji t, yaitu sebesar 0,412 atau sebesar 41,2 persen dalam menunjang kepuasan konsumen. Karena sesuai dengan tagline pada rumah makan Rata-Rata, yaitu menyajikan masakan nusantara, dengan 25 macam sayuran, 45 lauk, dengan model self service.
Khusus untuk lauk ada satu yang memberi nilai lebih, yaitu sayur selalu fresh. Baru dan hangat, karena habis atau tidak, diganti tiap 4 jam.

Downloads

Published

2018-12-31