PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MUTU PELAYANAN AKADEMIK DI JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2860Keywords:
Persepsi Mahasiswa, Mutu Pelayanan, KepuasanAbstract
Penelitian bertujuan untuk: mengkaji faktor-faktor mutu pelayanan akademik (tangibles, reliability, responsibility, assurance, dan empathy) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang.
Adapun subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Administrasi Niaga terdapat 2 (dua) layanan akademik yaitu Administrasi Akademik untuk Program Studi D3 Administrasi Bisnis dan DIV Manajemen Pemasaran. Jenis data yang digunakan adalah data primer (kuesioner) dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel yang diteliti sebesar 72.2 persen. dan masing-masing variabel Mutu Pelayanan yaitu Tangibles, Reliability, Assurance dan Emphaty berpengaruh secara positif signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa, namun untuk variabel Responsiveness menunjukkan pengaruh negatif signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa.