PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MUTU PELAYANAN AKADEMIK DI JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG

Authors

  • Tri Yulistyawati Evelina Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Rena Feri Wijayanti Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Fauzi Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2860

Keywords:

Persepsi Mahasiswa, Mutu Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: mengkaji faktor-faktor mutu pelayanan akademik (tangibles, reliability, responsibility, assurance, dan empathy) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa di Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang.
Adapun subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Administrasi Niaga terdapat 2 (dua) layanan akademik yaitu Administrasi Akademik untuk Program Studi D3 Administrasi Bisnis dan DIV Manajemen Pemasaran. Jenis data yang digunakan adalah data primer (kuesioner) dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel yang diteliti sebesar 72.2 persen. dan masing-masing variabel Mutu Pelayanan yaitu Tangibles, Reliability, Assurance dan Emphaty berpengaruh secara positif signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa, namun untuk variabel Responsiveness menunjukkan pengaruh negatif signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa.

Downloads

Published

2018-12-31