PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PERBEDAAN GENDER TERHADAP PENCARIAN INFORMASI ONLINE DAN BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2861Keywords:
orientasi belanja, pencarian informasi online, belanja onlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja terhadap pencarian informasi online dan belanja online, serta perbedaan laki-laki dan perempuan dalam orientasi belanja.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif kausal. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018 yang pernah melakukan pembelian online. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 94 responden menggunakan teknik purposive random sampling.
Analisis data menggunakan regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi belanja tidak berpengaruh terhadap pencarian informasi online dengan t hitung 0,547 kurang dari t tabel 1,66159. Orientasi belanja berpengaruh terhadap belanja online dengan t hitung 2,609 lebih dari t tabel 1,66159. Persamaan regresi sederhana yang didapatkan yaitu Y1 sama dengan 7,898 + 0,013 X dan Y2 sama dengan 2,492 + 0,082 X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan orientasi belanja atara laki-laki dan perempuan.