ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN DAN EARNING PER SHARE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Authors

  • Muhamad Muwidha Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Mahmudatul Himma Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Riwajanti Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2864

Keywords:

Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kinerja Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Kebijakan Dividen dan Kinerja Saham dalam memoderasi Profitafilitas dalam menciptakan Nilai Perusahaan.
Populasi selama periode analaisis sebenyak 30 perusahaan. Setelah dilakukan sampling dengan pendekatan purposive diperoleh sampel 17 perusahaan.
Secara deskrptif diketahui bahwa nilai Profitabilitas yang diproksi dengan ROA nilainya 38,72 persen sementra Nilai Perusahaanyang diproksi dengan Tobin’s Q rata-tata sebesar 1,02. Secara teoritis ROA berpengaruh positip kuat terhadap Nilai Perusahaan. Temuan ini menunjukkan banwa ROA memang berpengaruh positif namun hanya sebesar 6,6 persen signifikan.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa investor masih berkeyakinan bahwa keuntungan perlembar merupakan sinyal riil atas keuntungan yang diharapkan. Dua relitas kondisi ini menjelaskan bahwa investor dipasar modal berbasis syariah belum bersifat fair dalam menilai perusahaan. Karena Profitabilitas kurang menjadi perhatian bahkan kebijakan pembayaran dividen tidak dinilai mampu
memberikan sinyal dalam mengapresiasi perusahaan namun laba bersih perlembar secara riil justru yang sangat diharapkan.

Downloads

Published

2018-12-31