TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN SIKAP PENGGUNAAAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLINEMA)
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2875Keywords:
Model Penerimaan Teknologi, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan, SikapAbstract
Studi ini meneliti perilaku adopsi individu dari situs jejaring sosial paling populer saat ini Instagram. Pengaruh pada sikap terhadap penggunaan jejaring sosial berdasarkan persepsi kemudahan penggunaan individu (PEU), persepsi kemanfaatan (PU) dan kepercayaan secara empiris diperiksa dengan kumpulan data primer dari 95 mahasiswa Administrasi Bisnis di Politeknik Negeri Malang, pengguna Instagram dikumpulkan dari survei kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TAM media sosial yang diusulkan dalam penelitian ini mendukung semua hipotesis sikap terhadap penggunaan media sosial. Hasil penelitian ini memberikan bukti untuk pentingnya variabel kunci tambahan untuk TAM dalam mempertimbangkan keterlibatan pengguna di situs media sosial dan strategi bisnis terkait media sosial lainnya.