PENGARUH KOMPETENSI, PENGEMBANGAN KARIR DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat Jawa Timur)

Authors

  • Yuyuk Liana STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2876

Keywords:

kompetensi, karir, motivasi kerja

Abstract

Perusahaan yang kondusif, akan tumbuh dan berkembang dengan menitik beratkan pada sumber daya manusianya dengan harapan agar dapat menjalankan fungsi dari keberadaan sumber daya manusianya tersebut secara optimal. Adapun tujuan dalam
penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji pengaruh secara simultan antara kompetensi, pengembangan karir karyawan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan? (2) Untuk menguji pengaruh secara simultan antara kompetensi, pengembangan karir karyawan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan?. Populasi dalam penelitian ini pegawai negeri sipil yang ada di Lingkungan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat Jawa Timur sebanyak 171 pegawai.Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 77 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara simultan dan parsial antara kompetensi, pengembangan karir dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Delanjutnya yang mempunyai pengaruh yang paling besar adalah variabel kompetensi yaitu sebesar 0.484.

Downloads

Published

2018-06-30