ANALISIS KEPUTUSAN WANITA DALAM BERWIRAUSAHA (Studi Pada UKM Posdaya Binaan STIE Malangkucecwara Malang)

Authors

  • Siti Munfaqiroh STIE Malangkucecwara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v12i1.2877

Keywords:

kemandirian, modal, wirausaha wanita

Abstract

Peranan wirausaha dalam pembangunan adalah dapat menyerap tenaga kerja sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Untuk itu peran wirausaha perlu terus dikembangkan agar dapat meningkatan perekonomian Negara serta ketahanan nasional dan tidak tergantung dengan Negara lainnya. Hal ini menujukkan bahwa usaha kecil dapat dijadikan salah satu peluang bagi masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji pengaruh secara parsial antara faktor modal, kemandirian dan faktor keluarga terhadap keputusahnwanita dalam berwirausaha? (2) Untuk menguji pengaruh secara simultan antara faktor modal,
kemandirian dan faktor keluarga terhadap keputusahnwanita dalam berwirausaha?. Populasi dalam penelitian ini UMKM Posdaya binaan STIEMalangkucecwara . Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara simultan dan parsial antara faktor modal, kemandirian dan faktor keluarga terhadap keputusahnwanita dalam berwirausaha. Selanjutnya yang mempunyai pengaruh yang paling besar adalah variabel faktor modal yaitu sebesar 0.522.

Downloads

Published

2018-06-30