PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CHATIME DI KOTA MALANG

Authors

  • Rizky Kurniawan Murtiyanto Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v17i1.3145

Abstract

Dunia bisnis banyak memanfaatkan internet sebagai sarana menciptakan strategi pemasaran yang efektif. Maksud dari adanya penelitian ini adalah guna menelaah dampak social media marketing serta brand ambassador akan keputusan pembelian produk Chatime di Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian explanatory yang menggunakan metode pengumpulan data purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner pada 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan  penyebaran kuesioner. Regresi linier berganda dipergunakan untuk metode analisa data di penelitian ini.

Pada hasil analisa memperlihatkan social media marketing dan brand ambassador dengan cara parsial dan simultan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 52,5%, sedangkan veriabel lainnya yang tidak dibahas di penelitian ini mempengaruhi sebesar 47,5%.

Pada hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan yakni social media marketing serta brand ambassador mampu mempengaruhi keputusan pembelian produk dengan signifikan secara parsial dan simultan. Sebaiknya Chatime dapat mempertahankan kualitas konten yang lebih menarik dan lebih aktif dalam mengelola social media.

Downloads

Published

2023-07-21