PENGARUH PENERAPAN DIGITAL MARKETING TRANSFORMATION TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN UMKM KULINER KOTA MALANG

Authors

  • Ita Rifiani Permatasari Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Asminah Rachmi Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Jatrifia Ongga Sinartya Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Kartika Indah Permanasari Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v17i1.3230

Keywords:

Iklan online, media sosial, e-commerce, volume penjualan

Abstract

Proliferasi internet dan digital, tidak hanya sebagai bentuk teknologi tetapi juga sebagai format media, menawarkan efek mendalam dan tak terduga di abad ke-21. Sementara hampir semua orang menantikan kemungkinan teknologi digital membuat segalanya menjadi lebih instan, hanya sedikit yang mampu memprediksi dengan tepat dampak sosial dari media digital, dikombinasikan dengan konektivitas online. Dalam hal pemasaran, pergeseran secara digital menghadirkan peluang yang signifikan. Saat ini, properti media digital seperti metrik yang lebih akurat, terintegrasi dengan interaktivitas, telah memungkinkan kemungkinan pemasaran yang sama sekali baru. Tidak diragukan lagi bahwa teknologi digital dapat memainkan peran penting sebagai alat pemasaran. Dengan penerapan digital marketing, maka volume penjualan UMKM kuliner di Kota Malang dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh transformasi pemasaran digital terhadap peningkatan volume penjualan dan keunggulan bersaing. Metodologi penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan analisis jalur untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Pada penelitian ini unit analisis terdiri dari UMKM di Kota Malang yang mengalami transformasi digital marketing. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada efek positif pemasaran digital terhadap volume penjualan. Diharapkan penelitian lebih lanjut mampu menggali pengaruh penerapan digital marketing terhadap persepsi dan keputusan pembelian konsumen, serta loyalitas konsumen. Oleh karena itu, pengembangan lebih lanjut terkait digitalisasi usaha kecil dan menengah yang belum mengalami transformasi dapat dilakukan untuk memungkinkanpeningkatan kinerja pemasaran mereka.

Downloads

Published

2023-07-21