ANALISIS EFEKTIVITAS KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK KOSMETIK WARDAH)

Authors

  • Dwi Sudjanarti Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Umi Khabibah Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/adbis.v17i1.3231

Keywords:

Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Media Sosial, Facebook, Instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kualitas informasi dan kepuasan penguna media sosial Facebook dan Instagram produk kosmetik wardah. Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan  kuantitatif dan metode survei dengan melakukan penyebaran kuesioner. Sampel diambil secara purposive sampling, berjumlah 100 responden. Responden merupakan konsumen dari wardah kosmetik yang aktif menggunakan kedua media sosial yaitu Facebook dan Instagram. Data responden dianalisis dengan menggunakan Independent-test, sedangkan untuk mengetahui tingkat perbandingan kualitas informasi dan kepuasan pengguna media sosial Facebook dan Instagram digunakan Z-Score dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences 25 (SPSS 25)  for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kualitas informasi dan kepuasan pengguna media sosial facebook dan instagram wardah cosmetics. Media sosial instagram wardah cosmetic dinilai lebih efektif dari pada media social facebook.

Downloads

Published

2023-07-21