ANALISIS EFEKTIVITAS KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK KOSMETIK WARDAH)
DOI:
https://doi.org/10.33795/adbis.v17i1.3231Keywords:
Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Media Sosial, Facebook, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kualitas informasi dan kepuasan penguna media sosial Facebook dan Instagram produk kosmetik wardah. Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei dengan melakukan penyebaran kuesioner. Sampel diambil secara purposive sampling, berjumlah 100 responden. Responden merupakan konsumen dari wardah kosmetik yang aktif menggunakan kedua media sosial yaitu Facebook dan Instagram. Data responden dianalisis dengan menggunakan Independent-test, sedangkan untuk mengetahui tingkat perbandingan kualitas informasi dan kepuasan pengguna media sosial Facebook dan Instagram digunakan Z-Score dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences 25 (SPSS 25) for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kualitas informasi dan kepuasan pengguna media sosial facebook dan instagram wardah cosmetics. Media sosial instagram wardah cosmetic dinilai lebih efektif dari pada media social facebook.